Mengapa Roda Pesawat Berasap Saat Mendarat?
![]() |
Source: pxhere.com |
Kamu pernah gak merhatiin saat pesawat mendarat (landing) atau lebih tepatnya saat touchdown (roda pesawat menyentuh landasan)? Apa yang terjadi? Muncul asap dari roda/landing gear pesawat bukan? Mungkin muncul pertanyaan, kok bisa timbul asap ya?
Nah, di postingan perdana kali ini JarScience akan menjelaskan penyebabnya.
Jadi, simplenya gini.
Asap yang muncul saat touchdown adalah hasil gesekan dari ban pesawat dengan landasan.
Ketika pesawat masih berada di udara atau sebelum pesawat menyentuh tanah, roda atau landing gear pesawat berada pada posisi stasioner (diam). Nah, dalam waktu yang sangat singkat (sepersekian detik), roda pesawat tersebut harus berputar dari keadaan diam untuk mengikuti kecepatan landing. Sesaat setelah menyentuh runway, roda pesawat bergesekan (skidding) dengan landasan sampai akhirnya berputar sesuai dengan kecepatan landing. Gesekan tadi menimbulkan kenaikan panas yang sangat cepat pada ban pesawat sehingga membakar permukaan luar karet ban dan menimbulkan asap.
Jadi, singkatnya:
Roda pesawat diam → menyentuh landasan → bergesekan dengan landasan untuk mengejar landing speed → gesekan menimbulkan panas → panas membakar bagian luar karet ban → asap
Peristiwa ini hampir sama ketika seorang pembalap menekan rem dalam-dalam secara instan saat kecepatan tinggi yang menyebabkan ban bergesekan dengan aspal dan menimbulkan asap karena panas berlebih pada ban. Hal di atas tentunya memiliki faktor-faktor lain yang menyebabkan timbulnya asap. Jadi sepeda motor yang hanya melaju dengan kecepatan 20 km/jam gesekan bannya tidak akan mengeluarkan asap saat ngerem mendadak. Hal tersebut dikarenakan temperatur panas akibat gesekan yang tidak cukup untuk membakar karet ban.
Untuk lebih jelasnya, bisa lihat video berikut:
Lebih jauh lagi...
Peristiwa bergesekannya ban pesawat dengan landasan saat pesawat touchdown sebenarnya menimbulkan pertanyaan sekaligus ide bagi engineer. Bagaimana agar hal ini bisa dihindari? Loh kok dihindari, memangnya kenapa? Begini, gesekan dan asap yang ditimbulkan menimbulkan beberapa sisi negatif.
- Pertama, menyebabkan umur pakai ban (tyre wear) lebih cepat berkurang.
- Kedua, runway bandara menjadi kotor karena karet ban yang menempel pada runway. Hal ini menyebabkan biaya pemeliharaan bandara menjadi lebih besar.
- Selain itu, asap yang ditimbulkan juga berdampak negatif bagi lingkungan.
Nah, karena beberapa hal di atas para engineer berpikir untuk mengurangi dan menghindari terjadinya peristiwa ini. Salah satunya adalah belakangan ini mereka mengembangkan ide untuk membuat sebuah alat yang bisa membuat roda berputar sesaat sebelum pesawat menyentuh runway. Meskipun ide tersebut terdengar brilian, tapi pabrikan pesawat belum bisa menerapkan hal tersebut pada produknya. Lagi-lagi pemasangan alat tambahan menimbulkan biaya lebih bagi perusahaan maupun maskapai penerbangan. Penambahan alat membuat perusahaan harus mengeluarkan biaya maintenance yang lebih. Selain itu, menyebabkan bobot pesawat menjadi lebih berat yang efeknya berdampak pada efisiensi bahan bakar.
Komentar
Posting Komentar